PT Pelindo 1 Sukses Gelar Sosialisasi Lingkungan Hidup

Belawan.Metro Sumut
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melakukan Sosialisasi Lingkungan Hidup pada Kamis lalu, 21 September 2017 di Hotel Santika Dyandra Medan. Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1, Iman A. Sulaiman dan menghadirkan Direktur Pencegahan dan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup, Ary Sudijanto; Kepala Balai Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Hidayati; dan Kepala Balai Lingkungan Hidup Provinsi Aceh, Saminudin B. Tou sebagai narasumber dalam acara sosialisasi ini.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pembangunan berkelanjutan, kebijakan lingkungan pada sektor pelabuhan dan implementasi program Health, Safety, and Environmental (HSE) di pelabuhan. Selain itu, sosialisasi dilaksanakan untuk mengedukasi peserta tentang peraturan perundang-undangan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Senior Manajer Manajemen Mutu Pelindo 1, Hendri Indra menjelaskan bahwa potensi maritim di Indonesia pada sektor logistik belum termanfaatkan dengan optimal, sehingga untuk meningkatkan kinerja logistik salah satu program pemerintah adalah meningkatkan kinerja pelabuhan laut.

“Pemerintah saat ini telah mengembangkan konsep tol laut yang efektif dengan adanya kapal yang berlayar secara terjadwal dari barat sampai timur Indonesia. Elemen tol laut terdiri atas pelabuhan yang handal, kecukupan muatan, inland akses yang efektif, industri pelayaran, dan pelayaran rutin,” jelas Hendri Indra.

Hendri menambahkan bahwa dengan peran pelabuhan yang penting ini menyebabkan pengembangan dan pengoperasian pelabuhan menghadapi tuntutan melaksanakan tanggung jawab kinerja lingkungan sehingga pengembangan pelabuhan harus mempunyai konsep pembangunan berkelanjutan.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh General Manager dan perwakilan dari bidang sistem manajemen cabang pelabuhan Pelindo 1 di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. (Hamnas)

Tidak ada komentar