Aksi Buruh Selesai, Kapolda Jawa Barat Ajak Personelnya Punguti Sampah Di Sekitar Gedung Sate

Bandung.Metro Sumut
Ratusan buruh dari berbagai daerah di Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (01/05/2017). Aksi unjuk rasa tersebut mendapat pengawalan dan penjagaan ketat dari anggota kepolisian.

Dalam orasinya, ratusan buruh dari berbagai daerah di Jawa Barat di depan Gedung Sate ini
menuntut PP No. 78 tahun 2015 perihal pengupahan, PKWT dan outshourching. menghilangkan segala bentuk diskriminasi, intimidasi, dan menolak tenaga kerja asing.

Aksi damai itu sempat diwarnai dengan aksi pelemparan botol dan dorong-dorongan antara pihak buruh dan komunitas mahasiswa. Kerusuhan tersebut bermula saat beberapa kumpulan orang berbaju hitam melempar botol yang mengenai pihak buruh. Karena tidak terima dilempar botol, kemudian pihak buruh melakukan balasan sehingga aksi saling lempar terjadi.

Akan tetapi Pihak Kepolisian yang dipimpin Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo, merespon cepat kejadian tersebut dengan menurunkan negosiator dan pasukan Dalmas, sehingga bisa menetralisir situasi dan tercipta kembali situasi unjuk rasa yang aman dan kondusif.

Mengetahui kejadian tersebut, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan yang berada di lokasi peringatan Hari Buruh, terjun langsung dan memberikan penekanan kepada para pengunjuk rasa agar tidak melakukan pengrusakan, karena akan diproses sesuai hukum yang berlaku tanpa pandang bulu.“Kita akan lihat siapa yang melakukan pengrusakan melalui CCTV yang ada, yang melakukan itulah yang akan kita proses secara hukum,” ujar Kapolda.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda juga mengucapkan selamat Hari Buruh, agar apa yang diharapkan para buruh bisa terealisasi serta berterima kasih karena jalannya unjuk rasa yang berlangsung damai.

Selanjutnya Kapolda Jabar mengajak personel pengamanan kegiatan unjuk rasa peringatan May Day untuk memunguti sampah di sekitar Gedung Sate.“Karena kita datang kawasan ini bersih, maka kita pergi pun kawasan ini harus bersih,” ucap Kapolda Jabar.(Humas Polda Jabar).


Tidak ada komentar