Tangki BBM Bermuatan 4000 Liter Solar Ludes Terbakar Akibat Kena Percikan Api

Pemalang.Metro Sumut
Satu unit truk tangki bermuatan bahan bakar minyak (BBM) membawa 4000 liter solar terbakar di lokasi proyek pengerjaan jalan tol di Sumberharjo ikut Desa Banjarmulya Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, pada Jumat (28/04/2017) pagi, sekira pukul 08.00 wib.

Kebakaran terjadi berawal ketika Purwanto, warga Desa Kendayakan Kec. Warurejo Kab.Tegal, sopir truk tangki solar PT Waskita dengan Nopol G 1317 LJ membawa 5000 (lima ribu) liter solar sedang mengisi BBM kendaraan eskavator sebanyak 500 (lima ratus) liter serta kendaraan Vibro sebanyak 500 (lima ratus) liter.

Kemudian truk tangki berjalan hendak mengisi BBM kendaraan proyek lain, dan saat itu tiba-tiba muncul percikan dari alko (slang cor) dengan cepat api membesar dan membakar tangki.

Mengetahui, sang sopir berusaha keluar dari truk untuk menyelamatkan diri. Sedangkan Ruhaji, karyawan PT Waskita, yang saat itu sedang berada di lokasi langsung menghubungi Polsek Pemalang.

Mendapat informasi tersebut, selanjutnya petugas Polsek Pemalang menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran. Sampai di tempat kejadian perkara (TKP), api sudah demikian besar terlebih tangki berisikan BBM solar, sehingga dengan cepat membakar seluruh truk tangki tersebut.

Dengan cekatan petugas pemadam langsung berusaha memadamkan api supaya tidak menjalar kemana-mana. Tidak berapa lama akhirnya api dapat dipadamkan dengan bantuan 2 (dua) unit pemadam.

Kanit Reskrim Iptu Wahyudi Wibowo dan anggota yang ada di lokasi langsung mengamankan TKP dan mencari saksi untuk mendapatkan keterangan yang akurat.

Pada kejadian kebakaran ini tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil berupa 1 (satu) unit truk tangki beserta solar sebanyak 4000 (empat ribu) liter, kerugian diperkirakan sekira Rp 400 juta.“Ini sebagai pengalaman untuk siapapun agar hal serupa tidak terjadi lagi, para sopir agar berhati-hati karena musibah bisa kapanpun terjadi,” ujar Kapolsek Pemalang AKP Tarhim SH melalui Kanit Reskrim Iptu Wahyudi Wibowo SH.

Untuk itu, lanjutnya, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan, biasakan untuk cek terlebih dulu segala sesuatunya sebelum melaksanakan tugas.(Lies – Humas Polres Pemalang).

Tidak ada komentar