Polres Pelabuhan Belawan Melakukan Pengamanan Unjuk Rasa Buruh Di PT. IKD

Medan Deli.Metro Sumut
Sekitar 120 buruh yang tergabung dalam Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) dan Persaudaraan Pekerja Anggota (PPA) PT. Industri Karet Deli (IKD) melakukan aksi unjuk rasa didepan perusahaan Jalan KL Yos Sudarso Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Selasa (8/11/2016). Dalam kegiatan Unjuk rasa tersebut sekitar 60 personil Polres Pelabuhan Belawan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pelabuhan Belawan melakukan pengamanan agar unjuk rasa berjalan tidak anarkis.

Informasi yang dihimpun Media ini, Menurut Kabag Ops Kegiatan unjuk rasa buru tersebut dikarenakan karena buruh menuding perusahaan tidak memenuhi janjinya untuk menyelesaikan permasalahan buruh di pabrik pengelola karet terbesar di Sumatera Utara. Selain itu juga ada dugaan pihak Managemen Personalia dan Managemen Pruduksi PT IKD masih melakukan pelanggaran yang bertentangan dengan perundang-undangan “ Ucapnya.

Kasat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan AKP Amir Sinaga mengatakan yang menjadi tuntutan buruh ada sembilan butir yaitu :

1) PT. IKD mengintimidasi dan memaksa Karyawan tetap dan kontrak dalam hal Faskes Tingkat I
2) Tidak adanya kebebasan dalam berserikat
3) Terjadi pelanggaran K3 (Keselamatan, Kesehatan, Kerja).
4) Adanya kerja paksa dan pemotongan upah tanpa sepengetahuan Pekerja
5) Tidak ada perlindungan tenaga kerja wanita pada malam hari
6) Penyelesaian Perselisihan Serikat Pekerja dengan Manajemen tidak pernah selesai.
7) Pelayanan kesehatan tidak netral
8) Tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah Buruh kontrak (Outsourching)
9) Tidak diberlakukannya Upah Minimum Sektoral Kota Medan (UMSK) sejak tahun 2007 di sektor Industri Ban Luar dan Ban Dalam

Kasat Intelkam menjelaskan, Setelah dilakukan mediasi oleh Polres Pelabuhan Belawan, tidak ada ditemukan solusi terkait tuntutan para buruh, sehingga para buruh mengatakan akan kembali melakukan unjuk rasa pada Rabu (9/11),” Saya harap unjuk rasa pada hari rabu juga tertib dan damai dan tidak mengganggu lalulintas “ Jelasnya.(Hamnas).


Tidak ada komentar