PT Pelindo 1 Mengelar Leadership Development Program

Medan.Metro Sumut
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyadari bahwa sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen penting yang akan menunjang produktivitas kinerja Perusahaan. Untuk menjawab tantangan zaman yang semakin global saat ini, Pelindo 1 berkomitmen untuk terus melakukan program pengembangan SDM secara intensif guna menciptakan insan Pelindo 1 yang handal dan kompeten dalam dunia bisnis. Selasa (08/03/2016).

Salah satu program pengembangan SDM yang telah dan sedang dilakukan oleh Pelindo 1 adalah Program Leadership Development Program (LDP). LDP merupakan Program pengembangan kepemimpinan di Pelindo 1 yang bertujuan untuk menyiapkan kader-kader yang berpotensi untuk menjadi pemimpin di lingkungan Pelindo 1 yang dibagi menjadi 3 (tiga) tingkatan yaitu mulai dari Tingkat Muda, Madya dan Utama. Hal ini dilihat oleh Pelindo I sebagai jawaban dari tantangan bisnis ke depan yang semakin berubah dan berkembang.

Tahun 2015, Pelindo 1 telah melaksanakan Program LDP Tingkat Muda, yang diikuti oleh 85 (delapan puluh lima) orang pegawai. Rangkaian kegiatan LDP Tingkat Muda  dimulai dari mengikuti berbagai kelas, aktivitas, diskusi, tugas-tugas dan presentasi-presentasi baik kelompok maupun individu, yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Peserta juga dibekali dengan kunjungan dan benchmarking ke berbagai pelabuhan ASEAN sebagai brainstroming bagi peserta  serta diwajibkan sebagai  final project dari program tersebut dengan melakukan presentasi di hadapan Direksi dan penguji.

Tahun 2016, Program LDP ini dilanjutkan dengan pelaksanaan Program LDP untuk Tingkat Madya, yang diikuti sebanyak 26 (dua puluh enam) orang pegawai yang menduduki jabatan middle manager setingkat Asisten Senior Menejer pada Kantor Pusat dan Menejer setingkat pada Cabang Pelabuhan. LDP Tingkat Madya ini dilaksanakan di PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia Ciawi dan bekerjasama dengan Corporate University dari IPC, yang berlangsung mulai akhir Februari 2016 secara berkala hingga Oktober 2016. LDP Tingkat Madya ini secara resmi dibuka oleh Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana. Bambang menyampaikan Sharing Knowledge  dengan topik "Turning A Good Leader Into A Great Leader".

“Kepemimpinan adalah berbicara tentang proses sehingga berhubungan dengan aksi nyata, prinsip-prinsip dan tata nilai. Tujuan kepemimpinan harus diarahkan untuk menciptakan perubahan dan memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan korporasi. Agar Pelindo 1 terus maju, dibutuhkan pemimpin yang baik dan untuk merealisasikan visi menjadi nomor satu diperlukan great leaders yang memahami tentang kepemimpinan,” papar Bambang saat membuka kegiatan LDP Madya tersebut.

Selain kegiatan pelatihan, selama tahun 2015 Pelindo 1 juga telah mengirimkan  pegawai untuk mengikuti short course tentang bisnis kepelabuhanan ke Port of Antwerp di Belgia, yang berlangsung selama 2 (dua) minggu.


Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan bahwa program ini seiring dengan transformasi perusahaan untuk menjadikan Pelindo I sebagai “Global Company” baik transformasi bisnis maupun transformasi budaya perusahaan. Ia berharap melalui program pengembangan SDM tersebut, para pegawai dapat menjadi change agent bagi perubahan yang dituju dan bisa menjadi pemimpin yang kuat dan handal dalam beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang dihadapi perusahaan.(Hamnas)

Tidak ada komentar