Warga Sosa Gelar Sholat Istisqo Minta Turun Hujan

Sosa.Metro Sumut
Untuk mengurangi dampak buruk kabut asap yang kian pekat dan dinilai sudah mengganggu aktifitas warga di Kabupaten Palas khususnya di Kecamatan Sosa selama lebih dari 2 bulan terakhir, seribuan warga daerah ini menggelar sholat istisqo di Lapangan Sepakbola SMPN1 Sosa Pasar Ujung Batu. Sabtu (31/10/2015)

Informasi yang dihimpun Media ini, Ritual ibadah minta turun hujan ini, terlihat seribuan warga setempat dari mulai pelajar tingkat SMP dan SLTA sederajat, pemuda, para guru, kelompok pengajian kaum ibu, tokoh agama, tokoh masyarakat, Muspika Sosa secara berjamaah dan bersama-sama secara khusyuk melaksanakan kegiatan ibadah yang diimami oleh Alustadz Syarifuddin Pulungan itu.

Danramil 09/Sosa, Kapten (inf) Himsar Harahap mengatakan Kegiatan ini secara nasional diinstrusikan agar dilaksanakan di masing-masing daerah di Indonesia. Instruksi ini kemudian diteruskan oleh Dandim 0212/TS kepada Koramil 09/Sosa agar disampaikan ke seluruh masyarakat disini agar bersama-sama melaksanakan sholat istisqo “ Katanya.

Lanjut Himsar, Lewat kordinasi dengan Muspika Sosa, tokoh agama dan tokoh masyarakat disini, sehingga ibadah ini bisa kita laksanakan bersama-sama. Tadi, masyarakat meminta agar ibadah ini dapat dilaksanakan lagi “ Ucap mantan Danramil 05/Gunung Tua ini.

Usai melaksanakan sholat istisqo, Camat Sosa Drs. H. Agus Salim Nasution mengatakan, memang ada masukan dan permintaan dari masyarakat agar ritual ibadah ini dilakoni bersama-sama lagi dan di tempat berbeda, seperti di lokasi dataran tinggi," Selesai sholat tadi, ada masyarakat yang meminta agar digelar lagi sholat istisqo di tempat dataran tinggi, seperti di lapangan perbukitan. Namun demikian, Muspika Sosa akan berkordinasi lebih lanjut soal usulan masyarakat ini " Katanya.

Sementara, Kapolsek Sosa AKP Muhammad Rusli, SH menyambut positif kegiatan ibadah ini dalam upaya menanggulangi dampak buruk kabut asap. "Semoga ibadah kita hari ini yang dilaksanakan bersama-sama dengan seluruh warfa masyarakat di Sosa, khususnya Pasar Ujung Batu sekitarnya, berdampak positif dalam menanggulangi kabut asap yang sudah beberapa bulan melanda daerah ini “ Ungkapnya.


Warsono salah satu warga setempat menuturkan dirinya dan sejumlah warga masyarakat di daerah ini sudah merindukan panasnya sinar matahari. Dikarenakan pekatnya kabut asap yang melanda daerah ini, sehingga sinar matahari tidak terlihat," Sudah 2 bulan lebih tidak melihat sinar matahari karena tertutup kabut asap yang cukup tebal. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan sholat istisqo, kabut asap bisa segera hilang dan kita bisa melihat dan merasakan sinar matahari. Sudah rindu saya melihat sinar matahar “ Tuturnya.(Red).

Tidak ada komentar