Wali Kota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

Medan.Metro Sumut
Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin - T. Umar Medan, Minggu (18/2). Dia mengapresiasi usaha masyarakat dalam mewujudkan pembangunan ini.

Di hadapan Konsul Jendral India, Dr.Shalia Shah, Dandim 0201/BS,  Kol. Inf. Bambang Herqutanto, Ketua DPRD Medan, Jhon Hendri Hutagalung dan tokoh masyarakat H. Syamsul Arifin yang menghadiri acara itu, mengatakan, Little India Gate ini bukan berarti gerbang pembatas hubungan antar etnis di Medan.

“Gerbang ini merupakan sebuah perwujudan eksistensi warga etnis India yang telah sekian lama berakulturasi ke dalam budaya lokal. Di Medan, ini juga menjadi cerminan wujud toleransi yang tinggi antar warga kota,” ucap Wali Kota yang sebelum meletakkan batu pertama dipakai talpa oleh panitia.

Wali Kota juga menyebutkan, sebagai kota berbilang kaum, Medan tidak pernah membatasi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari sejarah  kota ini. Selain delapan suku asli yang menjadi penghuni awal Provinsi Sumatra Utara, Medan juga dipenuhi oleh suku pendatang antara lain suku Jawa, Minangkabau, China, dan tentunya juga India. Kini Medan telah menjadi kota multikultur.

Dalam acara yang berlangsung sederhana dan ditandai dengan berbagai proses budaya India itu, Wali Kota juga berharap, Little India Gate ini akan kian menambah wawasan kebangsaan warga Medan. Sehingga warga bisa lebih menghargai perbedaan yang ada di Medan. “Dan tentunya menjadikan perbedaan tersebut sebagai sumber kekuatan yang mempersatukan masyarakat Medan,” lanjutnya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat H. Syamsul Arifin yang didaulat memberi sambut juga berharapkan agar pembangunan ini terus berlanjut. Jangan hanya semangat di awal, namun tidak sampai pada penyelesaian.

“Start memang mudah, mencapai finish yang perlu semangat, kerja keras, dan komitmen,” ucap Syamsul.

Pada kesempatan itu, Ketua Gema Sadhana, A.S. Kobalen, juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Wali Kota Medan telah menunjukkan dukungan penuh terhadap pembangunan gate ini. Ini menunjukkan Wali Kota Medan benar-benar menghargai kebhinekaan yang ada di kota ini.

“Dan sejak masa Bapak Dzulmi Eldin, acara keagamaan maupun kebudayaan India mendapat perhatian yang cukup baik. Ini akan terus kami kenang,” ungkapnya. (Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan).





Tidak ada komentar