Rutan Tamiang Layang Berikan Pembinaan WBP Yang Menghasilkan Nilai Ekonomi

Tamiang Layang.Metro Sumut
Rumah Tahanan Negara Klas II B Tamiang Layang yang beralamat di Jalan Janah Munsit KM. 1,5 Tamiang Layang ini merupakan Rutan baru di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Jumat (24/02/2017).

Selain berada di Kabupaten pemekaran di Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini hanya Rutan Tamiang Layang yang tidak mengalami over kapasitas yakni sampai pada hari Kamis 23 Februari 2017 jumlah penghuni yang ada yaitu sebanyak 115 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sedangkan kapasitas Rutan yakni 255 orang. Kepala Rutan Tony Martono mengatakan bahwa sebagaian besar para WBP yang ada merupakan warga asli dari Kabupaten Barito Timur serta pindahan dari beberapa Lapas maupun Rutan yang ada di Lingkungan Kantor Wilayah Kalimantan Tengah.

Dalam hal Pembinaan kepada WBP, Tony mengatakan pihaknya memerintahkan langsung Seksi Pelayanan Tahanan agar berkonsentrasi serta serius untuk memberikan pelatihan serta pembinaan kepada WBP. Hal ini dengan tujuan agar menjauhkan WBP dari pikiran atau niat yang negatif, sehingga keamanan dan ketertiban Rutan tetap terjaga. Diharapkan juga melalui program pembinaan ini membawa manfaat bagi WBP sendiri serta mampu mandiri dan terampil dan bisa berwirausaha sendiri setelah menjalani masa pidana. Apabila ini semua bisa tercapai dan terealisasi berarti fungsi Rutan sebagai tempat pembinaan untuk mewujudkan kepedulian terhadap
masa depan yang lebih baik kepada para WBP berhasil dengan baik.

Beberapa pembinaan kemandirian yang diberikan kepada WBP Rutan Tamiang Layang, Tony memaparkan kepada Humas Kantor Wilayah seperti Kegiatan Perkebunan Sayur-sayuran, Kerajinan Anyaman (tikar, bakul), Bengkel Las (pembuatan teralis) serta pembuatan Miniatur Rumah Betang. Kenapa ke 4 (empat) kegiatan iini yang dipilih?, menurut Tony selain biaya yang murah dari ke 4 kegiatan tersebut bisa mempunyai nilai ekonomi dan menghasilkan keuntungan baik bagi WBP sendiri maupun bagi Rutan. Kegiatan Pembinaan Kemandirian WBP pada Rutan Klas II B Tamiang Layang dilakukan secara swakelola. (Create & Dok. Pirhan Humas Kalteng melaporkan). 




Tidak ada komentar