Praktik Pungli Marak Di Rutan Labuhan Deli, Karutan Ancam Hendra Wartawan Media 24 Jam

Labuhan Deli.Metro Sumut
Masalah pungutan liar masih kerap terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan). Kelas II di Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Labuhan di keluhkan para pengunjung rutan, Sering kali tahanan yang terlibat kasus yang masih duduk santai di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Labuhan Deli . Kebebasan masih bisa diraih, tentu saja asal mau menggelontorkan dana yang tidak sedikit jumlahnya, Birokrasi yang yang semestinya mempermudah pelayanan publik ternyata malah membebani masyarakat. Sabtu (01/10/2016).

Informasi yang dihimpun Media ini, Bukan rahasia umum lagi ini diungkapkan Ani (35) salah seorang pengunjung Rutan yang memiliki 3 anak ini kepada wartawan mengatakan kalau berkunjung ke Rutan ini harus melewati 3 pintu bang. Setiap pintu kita harus membayar,” Jadi untuk dapat masuk ke Rutan kena lebih kurang Rp.50ribu, Sementara di papan pengumuman di luar ditulis jika berkunjung tidak dikenakan biaya, dasar munafik “ Katanya dengan kesal.

Hal senada juga dikatakan Wati (30) warga Medan Martubung mengatakan saya juga mengalami seperti itu bang, setiap saya menjenguk suami saya, saya harus ngasi ke suami sebesar Rp.50 ribu, karena kata suami saya, setiap ada tamu yang berkunjung para tahanan yang dikunjungi dimintai uang, seperti uang pintu dan uang kebersihan “ Ucap Wati.

Bukan hanya itu bang, waktu suami saya masuk juga dimintai uang kamar,” Harga kamarnya pariasi bang, ada yang membayar 1juta, ada yang Rp. 500 ribu, suami saya kemaren bayarRp.500 ribu “ Ungkapnya.

Sementara Hendra wartawan Media 24 jam  dihadapan rekan-rekan wartawan mengatakan mendapat telpon dari Kepala Pengaman Rutan Klas II.B Labuhan Syahyudi SH, Pesan dari Kepala Rutan Kelas II Labuhan Deli Jayanta Amd,IP,SH, Meminta kepada Hendra untuk klasifikasi berita, Bila tidak Karutan akan menuntut Hendra atas pemberita yang dibuatnya “ Kata Hendra kepada rekan-rekan wartawan.

Salah satu warga yang berjualan dibelakang Rutan Labuhan Deli mengeluhkan kotoran dari Rutan Labuhan Deli sangat meresahkan warga sekitar, Selain bau yang menyengat hidung, Dagangannya tidak laku dikarenakan pembeli tidak mau datang dan tidak tahan dengan bau kotoran napi,” Bukan itu saja banyak pengunjung yang sering beli ditempatnya mengeluh pungli dan soal sewah kamar di Rutan Labuhan Deli, Bukan rahasia umum lagi bang “ Katanya.

Kepala Rutan Kelas II Labuhan Deli Jayanta Amd,IP,SH saat dikonfirmasi melalui pihak hape selulernya dan melalui sms terkait dugaan pungli di Rutan Kelas II Labuhan Deli serta pencemaran tinja dan proyek pembangunan kantor tanpa plang proyek dan diduga tidak memiliki izin membangun (SIMB), Pengancaman kepada wartawan Hendra dari Media 24 jam tidak ada jawaban

Sementara Kepala Pengaman Rutan Kelas II.B Labuhan Syahyudi SH saat dikonfirmasi melalui pihak telpon dan melalui sms terkait dugaan pungli di Rutan Kelas II Labuhan Deli serta pencemaran tinja dan proyek pembangunan kantor tanpa plang proyek dan diduga tidak memiliki izin membangun (SIMB), Pengancaman kepada wartawan Hendra dari Media 24 jam mengatakan saya tidak mau komentar bang, Langsung saja sama Karutan bang “ Jawab Syahyudi.

Hendra meminta kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly  segera mencopot Kepala Rutan Kelas II Labuhan Deli Jayanta Amd,IP,SH yang telah mengancam kebebasan pers dan segera mengusut pungli yang di Rutan Kelas II Labuhan Deli “ Tegasnya.(Hamnas).


Tidak ada komentar