Lanal Dumai Tangkap Kapal Bermuatan Bawang Merah Ilegal

Dumai.Metro Sumut
Tim Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Provinsi Riau, berhasil menggagalkan penyelundupan bawang merah ilegal asal Malaysia ke tanah air, Kamis (22/7/2016) siang.

Informasi yang dihimpun Media ini, Penangkapan itu berawal dari informasi intelijen di lapangan yang menyebutkan ada kapal penyelundup bawang yang datang dari Malaysia.

Informasi itu langsung ditindaklanjuti Lanal Dumai dengan mengerahkan unsur-unsur patroli untuk melakukan patroli rutin di wilayah kerja mereka.

Komandan Lanal Dumai Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi MSi (Han) memerintahkan unsur Patroli guna melaksanakan patroli di perairan yang menurut informasi rawan penyelundupan barang ilegal.

Tepat pada hari Kamis, 21 Juli 2016 pukul 13.30 WIB di Perairan Jangkang, Bengkalis, Riau depan muara Sungai Jangkang, tim Speed Bantan mencurigai kapal kayu yang sedang melintas. Kemudian tim langsung melaksanakan pemeriksaan.

Setelah melakukan pemeriksaan, didapat hasil Kapal bernama KM Restu Ibu GT 06 milik Ilyas itu, ternyata membawa bawang merah 700 kampit atau seberat 7 ton.

Masih dari hasil pemeriksaan itu, ternyata kapal tersebut tidak mempunyai dokumen kapal yang lengkap. Begitu juga dengan muatannya, berupa bawang merah tidak mempunyai dokumen sah.


Komandan Lanal Dumai kemudian memerintahkan agar Kapal, muatan dan ABK dikawal ke Lanal Dumai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(SND)

Tidak ada komentar