Menjelang Lebaran, Arus Mudik TKI Belum Ada Lonjakan

Medan.Metro Sumut
Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negri seperti di Malaysia mulai tiba di Bandara Kualanamu. Mereka ini memilih cuti untuk bisa berkumpul bersama dengan keluarganya saat hari raya Idul Fitri nanti. Sabtu (25/06/2016).

Informasi yang dihimpun Media ini, Petugas BP3TKI Medan di Bandara Kualanamu Ali Imran Sinaga sejak awal bulan Juni hingga hari ini sudah lebih 20 TKI yang melapor ke Posko Kedatangan BP3TKI Medan di lantai I Bandara Kualanamu. “TKI yang pulang ini paling banyak kerja kilang di Malaysia,” ujar Ali.

Lanjutnya, sampai hari ini belum terjadi lonjakan arus mudik TKI dari luar negeri. Dirinya memperkirakan, puncaknya akan terjadi pada H-7 lebaran. “Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-7 lebaran dengan jumlah 60 sampai 70 TKI per harinya. Diperkirakan jumlah TKI yang tiba di Bandara Kualanamu pada bulan puasa ini akan meningkat dibandingkan tahun lalu,” tegas Ali.

Sementara itu untuk TKI yang berangkat ke luar negeri, dijelaskan Ali, sampai hari ini sudah tercatat sebanyak 400 lebih yang berangkat dari Bandara Kualanamu dengan tujuan masih didominasi Malaysia. Di mana para TKI yang berangkat itu pada umumnya akan bekerja di pabrik kilang. “Sudah tercatat 400 lebih TKI yang berangkat ke luar negeri dari Bandara Kualanamu. Hingga siang tadi sudah 38 calon TKI yang berangkat ke Malasyia,” jelas Ali.

Sementara itu salah seorang TKI yang enggan menyebutkan namanya menyebutkan, dirinya memilih cuti pada lebaran tahun ini agar bisa berkumpul bersama keluarganya saar lebaran nanti. “Aku cuti, habis lebaran aku ke Malaysia lagi untuk bekerja,” ujarnya singkat. (Amal)


Tidak ada komentar