PT Pelindo 1 Tawarkan Obligasi Pertama Satu Triliun Rupiah

Medan.Metro Sumut
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (“Perseroan”) pada hari Rabu (18/5/2016) diRitz-Carlton Jakarta,melakukan penawaran umum obligasi pertama dengan jumlah pokok obligasi  sebanyak-banyaknya Rp. 1.000.000.000.000,- (Satu Triliun Rupiah). Obligasi yang ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan AA (idn) / idAA (Double A) dari PT Fitch Ratings Indonesia dan PT Pemeringkat Efek Indonesia.
                                            
Bunga Obligasi dibayarkan setiap 3 (tiga) bulan sesuai dengan Tanggal Pembayaran Bunga Obligasi yang bersangkutan. Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 21 September 2016 sedangkan Pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing seri Obligasi.

Obligasi yang ditawarkan terdiri dari 4 (empat) seri, yaitu:
Seri A : Obligasi berjangka waktu 3 (tiga) tahun
Seri B : Obligasi berjangka waktu 5 (lima) tahun
Seri C : Obligasi berjangka waktu 7 (tujuh) tahun
Seri D : Obligasi berjangka waktu 10 (sepuluh) tahun

Obligasi ini tidak dijamin dengan jaminan khusus, tetapi dijamin dengan seluruh harta kekayaan Perseroan, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak, baik yang telah ada maupun yang akan ada dikemudian hari.

Sedangkan seluruh dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Obligasi setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan Perseroan untuk:

•       Sekitar 54% akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur fasilitas pelabuhan di beberapa cabang Perseroan.
•       Sekitar 42% akan digunakan untuk pengadaan peralatan di beberapa cabang Perseroan.
•       Sekitar 0,3% akan digunakan untuk bina usaha Perseroan di Rumah Sakit Pelabuhan berupa pengadaan klinik dan penataan rumah sakit.
•       Sekitar 3,7% akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur teknologi informasi Perseroan di kantor pusat

Perseroan merencanakan masa penawaran awal (book building) sehubungan dengan Obligasi diatas akan dilakukan pada tanggal 18 Mei – 1 Juni 2016, masa Penawaran umum tanggal 14 – 16 Juni 2016, sedangkan pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada tanggal 22 Juni 2016.

Dalam aksi korporasi ini perseroan menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Sedangkan Profesi Penunjang Pasar Modal yang dilibatkan dalam Penawaran Obligasi I Pelindo 1 Gerbang
Nusantara Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

Konsultan Hukum                   : Tumbuan & Partners 
Kantor Akuntan Publik            : KAP Heliantono & Rekan 
Notaris                                     : Fathiah Helmi S.H.
Wali Amanat                           : PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk 
Agen Pembayaran                  : PT Kustodian Sentral Efek Indonesia 
Pemeringkat Efek                   : PT Fitch Ratings Indonesia dan PT Pemeringkat Efek Indonesia


ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menyampaikan bahwa Due Diligence Meeting & Public Expose  dalam rangka penawaran umum obligasi pertama Pelindo 1 Gerbang Nusantara Tahun 2016 ini dilaksanakan di Ritz Carlton, Jakarta dan dihadiri oleh para calon investor. “Dana dari hasil penawaran umum obligasi pertama ini akan dipergunakan untuk pengembangan pelabuhan eksisting, seperti Pelabuhan Gunung Sitoli, Belawan, Tanjung Pinang, Dumai dan Pekanbaru, pengadaan peralatan di beberapa cabang pelabuhan, penataan Rumah Sakit Pelabuhan dan juga untuk pengembangan infrastruktur teknologi informasi perusahaan,” jelas Fiona. (Hamnas)

Tidak ada komentar