KPK Garap Penyidik Polisi

Subang.Metro sumut
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil aparat penegak hukum untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi atau hadiah Bupati Subang Ojang Sohandi. Kali ini, penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap seorang penyidik kepolisian bernama Rohadi. Senin (23/05/2016).

Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati mengatakan yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka OJS, Selain itu,KPK juga memanggil Lenih Marliani istri mantan Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Subang Jajang Abdul Holik. Jajang adalah satu dari tersangka kasus dugaan suap terkait pengamanan perkara dugaan korupsi BPJS Subang “ Katanya.

Lanjut Yuyuk, Sejak minggu lalu KPK telah memanggil sejumlah aparat penegak hukum dari Kejaksaan Negeri Subang dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat sebagai saksi dalam kasus tersebut. Para aparat penegak hukum tersebut diduga menerima pemberian gratifikasi dari Ojang. Saat ini penyidik tengah mendalami sumber pemberian gratifikasi tersebut “ Ucapnya.

Yuyuk menjelaskan, Ada beberapa aparat penegak hukum yang memang dipanggil sebagai saksi, tapi kemudian beberapa tidak datang. Kita ingin itikad baik dari aparat penegak hukum ini untuk datang memenuhi panggilan “ Jelasnya.

Ojang merupakan tersangka dugaan suap terkait pengamanan perkara korupsi BPJS di ‎Kejaksaan Tinggi Jakarta Barat. Penetapan Ojang setelah KPK menangkapnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada 11 April lalu.

Ojang diduga bersama-sama mantan Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Subang, Jajang Abdul Holik dan istrinya Lenih Marliani menyuap dua jaksa Kejati Jabar Devi Rochaeni dan Fahri Nurmallo.

Atas perbuatannya, Ojang disangka melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau b dan atau pasal 13 UU Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Selain itu, Ojang dijerat dengan pasal dugaan penerimaan gratifikasi. Yaitu pasal 12 huruf B UU Tipikor.


Terkait sangkaan itu, KPK menyita sebuah mobil Toyota Velfire hitam, dua Jeep Wrangler Rubicon warna oranye dan merah, satu motor trail, dan sebuah motor jenis ATV milik Ojang Sohandi.  Serta satu unit mobil Mazda CX-5 berwarna hitam dan motor Harley Davidson. (Melvy).

Tidak ada komentar