Gerindra Marelan: Pahamkan Bahaya Narkoba sejak Usia Dini

Medan Marelan.Metro Sumut
Ketua PAC Partai Gerindra Marelan Bung Haris Kelana Damanik mengimbau Dinas Pendidkan maupun orang tua untuk memberikan pendidikan tentang bahaya narkoba kepada anak sejak ditingkat sekolah dasar. Himbauan tersebut disampaikan terkait maraknya peredaran narkoba di Medan Dan Sumatera Utara. Minggu (24/04/2016).

Ketua PAC Partai Gerindra Marelan Haris Kelana Damanik didampingi istri tercintanya sekaligus Bendahara PAC Partai Gerindra Marelan Rahmawati Harahap mengatakan keterampilan menolak narkoba seharusnya diajarkan sebelum anak berusia sembilan tahun atau selambat-lambatnya pada usia 12 tahun, anak-anak di bawah usia 15 tahun, berisiko tinggi dalam penyalahgunaan narkoba. Sebab, faktanya 90 persen dari kelompok ‘coba pakai’ narkoba berasal dari pelajar dan mahasiswa “ Katanya.

Lanjut Haris, Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak ke dewasa dan diikuti perubahan fisik, mental dan sosial. Dengan perubahan ini remaja sering mengalami ketegangan, perasaan tertekan, keresahan, kebingungan dan frustasi, sehingga berisiko tinggi menyalahgunakan narkoba. Dimasa-masa ini peran orangtua sangat penting untuk lebih memberi perhatian dan pendampingan “ Ucapnya.

Haris menjelaskan, Dari survei yang dilakukan BNN kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia sebesar 3.367.080 atau 1,99 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Dari jumlah itu, 1,1 juta pengguna narkoba dari kalangan pelajar dan masyarakat, Ini sebuah bukti bahwa pelanggan narkoba paling banyak ada di usia produktif. Tentu memprihatinkan dan semoga ke depan bisa diminimalisasi dengan peran serta orangtua dan tenaga pendidik untuk mengajarkan anak tentang bahayanya menggunakan narkoba “ Jelasnya.


Bung Haris Kelana Damanik Ketua PAC Partai Gerindra Marelan  ini juga menyarankan kepada orang tua agar lebih memperhatikan anaknya dalam bergaul. Sebab orang tua adalah orang yang terakhir tahu tentang masalah narkoba pada anaknya. Ini fakta, ternyata orang tua orang yang paling akhir mengetahui. Ini yang harus diubah dan orang tua harus lebih memperhatikan dan mendampingi anaknya “ Pintanya.(Hamnas).

Tidak ada komentar