Arus Kapal, Barang & Penumpang Juli 2015 Di Pelabuhan Belawan Normal

Belawan.Metro Sumut
Berdasarkan data Traffik Kapal, Barang dan penumpang bulan Juli tahun 2015 tercatat arus kapal pelayaran luar negeri yang dilakukan kapal asing ke pelabuhan Belawan sebanyak ada 22 kunjungan (Call), dengan jumlah Grt 29.753 dan kapal nasional ada sebanyak 10 call dengan jumlah Grt 3.585. Selasa (25/08/2015).

GM PT Pelindo 1 Cabang Belawan Sahat Prawira melalui Roswita Asisten Manajer Hukum dan Humas PT Pelindo I Cabang Belawan mengatakan untuk pelayaran dalam negeri  untuk kapal asing tercatat kunjungan kapal asing nol kunjungan sedangkan kapal nasional ada sebanyak 51 Call dengan Grt 324.141. dengan total jumlah Grt baik kapal asing maupun nasional ada sebanyak 357.479 Grt dengan jumlah 83 call,” Untuk arus barang pada juli 2015 tercatat barang import sebesar  185.571 ton, ekspor sebesar  98.752 ton,  jumlah barang bongkar antar pulau sebesar 283.789 ton sedangkan angkutan barang muat antar pulau sebesar  6.677 ton “ Kata Roswita.

Lanjut Roswita, Sementara itu arus penumpang kapal dalam negeri yang turun ada sebanyak 13.783 orang  sedangkan penumpang kapal yang naik 13.641 orang,” Arus kapal, barang dan penumpang hingga Juli 201 ini tergolong normal apalagi secara khusus di Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan utama dan urutan ketiga terbesar di Indonesia “ Ucap Roswita.

Roswita menjelaskan, Pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Belawan sebelumnya telah mengantisipasi lonjakan arus barang dan penumpang yang berada di lingkungan Badan Usaha Milik Negara itu menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah, pembangunan Terminal Penumpang Baru dan fasilitas pendukungnya di Belawan Lama telah selesai dikerjakan dan siap untuk dioperasikan untuk kegiatan penyandaran kapal,” Turun naik penumpang dan telah dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tunggu, parkir kendaraan dan fasilitas pendukung lainnya “ Jelas Roswita.

Menurut Roswita, terminal penumpang baru ini mampu menampung sebanyak 3.000 orang penumpang, yang telah terkoneksi langsung dengan angkutan darat,” Selain itu, rencana kedepannya terminal penumpang ini juga akan terkoneksi langsung dengan stasiun kereta api, Untuk Posko Monitoring Angkutan Lebaran 2015 akan dimulai pada 1 Juli hingga 31 Juli 2015 “ Ungkap Roswita.

Roswita menambahkan peningkatan penumpang angkutan laut lantaran sejumlah reformasi birokrasi yang dilakukan Pelindo 1 Cabang Belawan," Ini naik lantaran terjadi perbaikan-perbaikan, seperti peningkatan pelayanan, penyesuaian harga, peningkatan fasilitas kapal, serta disparitas angkutan dari sebelumnya “ Tambah Roswita.(Hamnas).



Tidak ada komentar