Mahasiswa Fakultas Ekonomi USU Kunjungi Kantor Pelindo I Medan

Medan.Metro Sumut
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menerima kunjungan belajar (study visit) dari rombongan mahasiswa Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan (FE USU) pada hari Rabu (13/5). Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, pengalaman dan motivasi mahasiswa sehingga ingin mengetahui perkembangan Pelindo I serta kontribusinya bagi perekonomian Sumatera Utara. 

Informasi yang dihimpun Media ini, Rombongan mahasiswa yang berjumlah 80 orang ini disambut oleh Manajemen Pelindo I yang diwakili oleh, ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah di Kantor Pusat Pelindo I, Medan. Dalam sambutannya, Eriansyah  menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kunjungan para mahasiswa FE USU ke Pelindo I dan berharap semoga para mahasiswa mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat terutama terkait pelayanan jasa kepelabuhanan dan kesiapan Pelindo I dalam mendukung program Pemerintah.

“Pelindo I sangat terbuka dan menyambut positif atas kegiatan kunjungan lapangan yang dilakukan oleh institusi pendidikan. Pelindo I sebagai salah satu perusahaan milik Pemerintah, selalu memberi kesempatan kepada para generasi muda, khususnya para mahasiswa untuk bisa belajar dari perusahaan, sebagai salah satu tempat untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari. Kami berharap melalui kunjungan seperti ini, wawasan dan pengetahuan mahasiswa akan bertambah khususnya tentang peran Pelindo I sebagai BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan untuk meningkatkan perekonomian daerah maupun negara,” kata Eriansyah.

“Kami telah mempersiapkan beberapa program dan proyek besar dalam mendukung Pemerintah dan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), seperti dari sisi SDM, kami memperkuat kualitas SDM dengan berbagai pelatihan dan pendidikan baik di dalam maupun luar negeri dan dilakukan secara berkesinambungan. Sedangkan dari sisi infrastruktur, saat ini sedang mempersiapkan projek besar seperti pengembangan Pelabuhan Belawan dengan perpanjangan dermaga BICT Tahap II 350 meter yang pada akhir Mei ini akan dimulai persiapan pembangunan fisiknya, dan Pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung yang akan menjadi Gateway Indonesia yang telah dimulai pembangunannya pada awal Mei ini, “ jelas Eriansyah.

Senada hal tersebut, Dosen Pendamping dari FE-USU, DR. Coki Syahwir, Msi, menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pelindo I terhadap para mahasiswa  FE-USU untuk memperoleh ilmu dan wawasan secara nyata dari bisnis kepelabuhanan.

“Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan terbesar ketiga di Indonesia. Tentunya banyak hal yang dapat kita pelajari dari perusahaan ini. Kami ingin melihat bagaimana Pelindo I dalam mendukung program Pemerintah, kontribusi bagi perekonomian Sumatera Utara secara khusus dan Indonesia secara Umum serta juga kesiapan Pelindo I dalam menghadapi MEA, ucap dosen Ekonomi USU tersebut.


Paparan Pelindo I disampaikan oleh tim Humas dalam hal ini oleh Fiona Sari Utami dan dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Usai sesi itu, selanjutnya rombongan berkesempatan berkunjung ke Pelabuhan Belawan untuk melihat langsung pelayanan jasa kepelabuhanan yang mendukung proses bongkar muat dan ekspor impor. (Hamnas)

Tidak ada komentar