Drs H T Dzulmi Eldin S Msi Walikota Medan Menghadiri Upacara Peringatan ke-107 Hari Kebangkitan Nasional 2015

Medan.Metro Sumut
Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi menghadiri Upacara Peringatan ke-107 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2015 yang dilaksanakan di Lapangan Benteng Kota Medan (20/5). Upacara ini dipimpin Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujonugroho ST M.Si.

Informasi yang dihimpun Media ini, Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-107 tersebut diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Sumatera Utara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dilanjutkan pembacaan teks Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Sambutan Inspektur Upacara, Lagu-lagu Mars Perjuangan dan Pembacaan Do'a.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang dibacakan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengajak segenap masyarakat untuk mengenang kembali semangat perjuangan para pendiri bangsa (The Founding Fathers) bangsa besar ini untuk diambil teladan bagi kita semua.

Dia menyebutkan, Dokter Wahidin Sudirohusodo dan Dokter Sutomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa," Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjutkan para pejuang lain, telah menghasilkan lahirnya bangsa besar Negara Kesatuan Republik Indonesia " kata Gubsu saat membacakan sambutan Menkominfo.

Walau begitu, lanjutnya, bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Menurutnya, perjuangan ini adalah abadi untuk menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi, serta bermartabat.

Karena, jika dihitung dari titik awal kebangkitan nasional tahun 1908 berarti kita telah berproses lebih dari seratus tahun menjadi bangsa yang bermartabat, dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan.

Sehingga perubahan-perubahan tersebut mau tidak mau pasti akan menyatu dan menandai proses perjalan sejarah bangsa kita. "oleh sebab itu kita harus tetap waspada dan menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh pejuang terdahulu," katanya.

Sesuai dengan tema peringatan Harkitnas 2015, "melalui hari Kebangkitan Nasional kita bangkitkan semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera" maka tema tersebut mengandung makna bahwa kebangkitan nasional sekarang lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan bukan sekedar pengembangan wacana," Tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif " Tegasnya.

Maka dari itu, Menkominfo berharap, momentum Harkitnas mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air," Tidak ada bangsa yang maju tanpa kerja keras. Tidak ada bangsa tanpa pengorbanan, dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing " katanya.

Selain Wali Kota, Turut hadir mengikuti upacara Harkitnas tahun 2015 di Lapangan Benteng Medan, Ketua DPRD Sumut H Ajib Shah Kajati Sumut, Pangkosek Hanudnas III Medan, Danlantamal I Belawan, Kasdam I/BB, Wakapolda Sumut, Danlanud Soewondo Medan dan Seluruh Pimpinan SKPD Provsu, pegawai negeri/swasta serta utusan dari TNI/Polri serta organisasi kepemudaan.(Siswanto).


Tidak ada komentar