Puskesmas Terjun Gelar Lomba Balita Sehat Dan Paud Di Aula Kecamatan Medan Marelan



Medan Marelan.Metro Sumut
Dalam rangka rangkaian kegiatan Lomba balita Sehat Puskesmas Terjun melaksanakan Lomba Balita Sehat yang digelar pada hari selasa tanggal 09 desember 2014 diaula Kantor Kecamatan Medan Marelan Jl. Kapt. Rahmabuddin, Kec. Medan Marelan.

Penyelenggaraan lomba balita sehat ditujukan untuk mensosialisasikan tentang hak-hak anak yang telah disepakati dunia dan diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dalam Undang-Undang Perlindung tersebut adalah mengasuh, memelihara, melindungi, serta menumbuh kembangkan  anak sesuai dengan kemampuan,bakat dan minat.

Menurut Kepala Pusekesmas Terjun dr.Surya Pulungan pelaksanaan lomba balita sehat  merupakan masa emas pertumbuhan seorang anak manusia. Oleh karena itu pada fase ini seorang balita harus diberikan perhatian yang maksimal dalam membangun pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam lomba ini diharapkan nantinya didapatkan balita-balita sehat yang selanjutnya dapat dijadikan contoh bagi balita lain yang ada disekitar tempat tinggalnya, Peserta Lomba Balita Sehat 305 Balita  dilima Kelurahan Kecamatan Medan Marelan dan untuk paud 310 “ Kata dr.Surya Pulungan Kepala Pusekesmas Terjun.


Parlindungan Nasution Camat Medan Marelan saat dikonfirmasi mengatakan lomba balita sehat dan paud ini bukan merupakan tujuan akhir pelaksanaan asuhan balita, tapi lebih jauh  diharapkan setelah pelaksanaan lomba didapatkan peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku ibu balita dalam melaksanakan asuhan terhadap balita pada masa yang akan datang. Karena yang ikut dalam lomba balita tingkat Kecamatan Medan Marelan ini sudah merupakan balita terbaik yang terpilih di wilayah puskesmas masing-masing, juga diharapkan dapat membagi informasi dan menjadi contoh bagi ibu balita lainnya, data balita yang ikut perlombaan balita sehat 305 Balita  dilima Kelurahan Kecamatan Medan Marelan dan untuk paud 310,” Dengan diadakannya Lomba Balita Sehat dan Paud  diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pengetahuan ibu untuk memberikan asuhan, memelihara serta melindungi anaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan dimasa yang akan datang. Sedangkan tujuan khusus kegiatan ini adalah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita, menilai sejauh mana pengetrahuan ibu tentang perawatan dan pemeliharaan kesehatan anak, mengetahui adanya kelainan yang terjadi pada tumbuh kembang balita “ Ungkap Parlindungan Nasution Camat Medan Marelan.

Penilaian dilakukan dengan mengacu kepada 5 kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia. Kriteria tersebut adalah kesehatan anak, kesehatan gigi anak, imunisasi anak, gizi anak dan pengetahuan ibu tentang PKK,  Atas partisipasinya, semua peserta diberikan bingkisan dan sertifikat, sedangkan kepada juara diberikan bingkisan, sertifikat, dan piala yang diserahkan lansung oleh Parlindungan Nasution Camat Medan Marelan, dr.Surya Pulungan Kepala Puskesmas, Ketua PKK Kecamatan Medan Marelan, Marsita Lurah Labuhan Deli Marelan,Ketua PKK Kelurahan Tanah 600 Marelan,Ketua PKK Keluraha Paya Pasir Marelan dan Ketua PKK Kelurahan Rengas Pulau Marelan.(Hamnas).

Tidak ada komentar