Bagi Penderita Kolesterol Syarat untuk Tetap Aman Makan Daging

Jakarta.Metro Sumut
Bagi Penderita Kolesterol Syarat untuk Tetap Aman Makan Daging ini salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol adalah lemak, yang banyak terdapat pada makanan berbahan dasar daging-dagingan. Meski demikian, bukan berarti penderita kolesterol maupun diabetesi yang disertai dengan gangguan lemak dilarang makan daging. Apalagi di Hari Raya Idul Adha nanti, mayoritas olahan sajian akan berbahan dasar daging merah.

dr. Yunir Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta memberi sara agar bisa tetap menikmati sajian dari bahan daging, pilih daging yang kandungan lemaknya rendah, seperti daging dari bagian dada atau paha. Sebaliknya, jangan konsumsi daging yang dekat dengan tulang karena biasanya mengandung lebih banyak lemak," Penderita kolesterol maupun diabetesi yang disertai gangguan lemak bisa tetap menikmati olahan daging, karena tidak semua daging mengandung lemak yang tinggi. Tergantung bagian mana yang dimakan " Kata dr. Yunir.

Bila merasa ragu apakah bagian yang ingin dimakan tersebut sudah tidak lagi mengandung lemak, cara lainnya adalah dengan membuang air rebusan pertama sebelum diolah dengan bumbu," Setelah direbus selama 30 menit, air yang sudah melarutkan lemak dalam daging tersebut harus dibuang. Baru setelah itu direbus kembali menggunakan campuran bumbu yang diinginkan " Sarannya.

Di samping itu, dr. Yunir juga mengingatkan untuk rutin melakukan latihan fisik tiga kali dalam seminggu sebagai cara alami  menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.(Melvy)


Tidak ada komentar