Ombak Laut Selatan Jateng-DIY Capai Lima Meter

Cilacap,Metro Sumut
Perairan Laut Selatan Jateng, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap, memprakirakan tinggi gelombang di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai Minggu (10/8/2014) malam hingga Selasa (12/8/2014) berpeluang lima meter.

Informasi yang dihimpun Media ini, Teguh Wardoyo Kepala Kelompok Teknisi Stasiun BMKG Cilacap di Cilacap, Minggu (10/8/2014) mengatakan, gelombang tinggi tersebut akibat pengaruh angin kencang di atas perairan dan cenderung searah dan kondisi tersebut diprakirakan berlangsung hingga dua hari ke depan," Gelombang tinggi tersebut terjadi akibat pengaruh angin kencang di atas perairan dan cenderung searah. Kondisi tersebut diprakirakan akan berlangsung hingga dua hari ke depan" katanya.

Tegyh menambahkan, tinggi gelombang 3-4 meter dengan kecepatan angin 5-20 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara berpeluang terjadi di pantai selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta," Sementara tinggi gelombang 3,5-5 meter dengan kecepatan angin 10-25 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta " Tambahnya.

Ia mengimbau nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil untuk berhati-hati saat melaut karena gelombang tinggi dapat datang setiap saat, dan juga wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jateng dan DIY dihimbau untuk tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.(Ilham)




Tidak ada komentar