H.Suyatno Bupati Rohil Lantik 51 Kades dan Penghulu

Bagansiapiapi.,Metro Sumut
H. Suyatno Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melantik 51 Kepala Desa (Kades) dan penghulu Se- Rohil, Pelantikan yang di hadiri Wakil DPRD Rohil, Jamiluddin, Asisten I, Wan Syarif. serta seluruh kepala badan dan Kantor serta Camat se Rohil ini di laksanakan di gedung Bupati Rohil lantai IV, Selasa (24/6) di Bagansiapiapi.

Informasi yang dihimpun Media ini, sesuai ageda hari ini kita melantik sebanyak 51 kepala desa dan penghulu dari 16 kecamatan se Rohil, jumlah ini yang pertama di lakukan dan sejarah baru di Rohil, ujar Bupati, usai melantik pejabat penghulu dan kades se Rohil.

Menurutnya, pelantikan secara serentak ini dalam rangka untuk menutupi kekosongan kades dan penghulu yang selama ini ada kekosongan jabatan dan juga jabatan sementara (Pjs), sehingga segala kewenangan dapat dilakukan dengan benar sesuai aturan, saat ini semua penghulu dan kades sudah menjadi pejabat daerah defenitif, sehingga dapat mengambil kebijakan yang di wilayah kerjanya, namun saya mengharapkan kebijakan yang diambil harus sesuai aturan dan ketuan yang berlaku “ Ungkap H. Suyatno.

Dia mengatakan, Dalam pekerjaan yang diemban seorang kades dan penghulu harus mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan benar, serta menjaga wilayanya dari segala kegiatan yang dapat merusak tatan pemerintahan di daerah. Sehingga masyarakat yang ada di daerah tersebut dapat dengan aman dan kondusif.

Kepala desa dan penghulu jangan menghasut warganya untuk melakukan hal yang tidak di senangani penghulu, seperti ada kegiatan proyek di Wilayahnya. Namun perusahaan tersebut tidak ada melapor, lalu penghulu menghasut warganya untuk berdemo terhadap perusahaanya itu, hal itu tidak boleh di lakukan. Karna sama saja penghulu itu membawa tidak baik kepada warganya, beber Bupati.

Disamping itu, lanjutnya. Tugas dan fungsi kepala desa dan penghulu saat ini adalah memantau bencana alam yang di rasakan saat ini seperti kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), karna karhutla yang terjadi saat ini sudah cukup mengkuatirkan dan terbanyak di propinsi Riau, kebakaran hutan saat ini sudah sangat berbahaya, setiap hari terjadi peningkatan titik api, maka kepenghuluan dan desa serta pihak kecamatan harus dapat memantau wilayahnya masing-masing, tidak mungkin seorang kepala desa dan penghulu tidak mengetahui wilayahnya terbakar begitu juga camatnya. Maka harus di awasi betul daerahnya dari Karhutla, karna yang di rugikan nanti kita semua warga Rohil “ Kata H. Suyatno  Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).(Rusman/Tim/Red)


Tidak ada komentar